5 Tips Merawat Furniture Kayu

5 Tips Merawat Furniture Kayu

Sebuah rumah kosong tampak kurang lengkap dengan tidak adanya furniture atau perabotan rumah tagga. Banyak dari masyarakat yang rela menghabiskan dananya untuk bisa membuat rumahnya menjadi lebih nyaman dan estetika. Salah satunya adalah dengan menggunakan furniture berbahan dasar kayu. Dengan kayu, bisa membuat tampilan rumah menjadi natural. Hal ini dikarenakan dengan warna dasar cokelat membuat orang di dalam rumah merasakan sedang berada di alam.

Selain itu, alasan orang memilih furniture dari kayu karena sifatnya yang tahan lama. Furniture kayu juga dapat memberikan kesan klasik, minimalis, atau kemewahan tergantung dengan permintaan si pemilik rumah. Namun, semua furniture dari kayu bisa rusak jika kita tidak tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Berikut ada 5 tips yang bisa dipraktekkan guna menjaga furniture kayu tetap awet dan tidak mudah rusak.

  1. Tips Merawat Furniture Kayu, Bersihkan Berkala

Sudah sepatutnya setiap furniture yang kita miliki dibersihkan secara berkala. Anda dapat menggunakan kain lap atau kemoceng agar debu dan kotoran yang menempel dapat hilang. Untuk lekukan ataupun sudut-sudut bisa menggunakan kuas yang berukuran kecil. Selain itu bisa menggunakan cairan khusus untuk pembersih furniture kayu dengan menyemprotnya. Yang perlu dihindari adalah penggunaan pembersih dengan kandungan solven seperti toluene, methanol,dan aseton yang dapat merusak top coating pada furniture kesayangan Anda.

2. Tips Merawat Furniture Kayu, Gunakan Obat Anti Rayap

Anda bisa menggunakan obat anti rayap secara periodik guna mengantisipasi serangan rayap atau jamur terhadap furniture. Jika furnituremu sudah terkena rayap, cukup bersihkan dengan obat anti rayap yang tentunya ramah lingkungan.

3. Tips Merawat Furniture Kayu, Jauhkan Dari Cairan

Anda tentu pernah melihat noda di furniture seperti permukaan meja kayu jika sering menaruh gelas di atasnya. Atau anak sedang menggunakan cat air dan tidak sengaja menempel furniture. Ternyata, noda ini bisa menjadi permanen dan merusak tekstur kayu jika dibiarkan terus-menerus. Jika sudah terjadi, Anda dapat menggunakan campuran minyak goreng dan abu atau pasta gigi dan soda dengan kain lembut lalu diusapkan ke bagian noda tersebut.

4. Tips Merawat Furniture Kayu, Tempatkan Pada Suhu Normal

Tempatkan setiap furniture pada suhu yang normal, karena jika ditempatkan pada suhu yang panas terus-menerus dapat menyebabkan keretakan ataupun kayu dapat kering hingga menyusut. Jauhkan dari paparan cahaya matahari ataupun peralatan yang dapat menghantarkan panas. Selain itu, jangan tempatkan furniture pada udara lembab karena dapat menyebabkan furniture diserang oleh rayap maupun jamur yang dapat merusak kayu tersebut.

5. Tips Merawat Furniture Kayu, Gunakan Alas dan Pindahkan Hati-hati

Untuk furniture yang mempunyai kaki disarankan untuk menggunakan alas supaya setiap pergeseran dan tekanan yang ada tidak menimbulkan bekas pada lantai. Kadangkala, kita juga ingin membuat suasana baru di rumah dengan memindahkan beberapa furniture ke tempat yang lainnya. Seringkali kita hanya menggeser ataupun mendorongnya, alangkah baiknnya bisa dipindahakan bersama-sama supaya furniture yang dipindahkan menjadi lebih seimbang dan lantai tidak mengalami goresan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *