Cara Merawat dan Membersihkan Lemari Kayu Agar Awet

Cara Merawat dan Membersihkan Lemari Kayu Agar Awet

Cukizufurniture.co.id, Cengkareng – Kita tahu hampir semuanya bahan baku lemari adalah kayu, namun mengikuti tren modern, bahan dasar untuk dijadikan lemari bisa saja dari bahan lain. Kayu tetap jadi primadona dalam bahan baku pembuatan lemari, selain kayu itu khas karena tampilan dan kekuatannya, kayu pun memiliki estetika tersendiri.

Lemari kayu, ataupun furniture berbahan dasar kayu memiliki cara perawatannya tersendiri, jika tidak dirawat, maka perabotan kayu akan mudah rusak. Sebelum membahas cara merawat lemari kayu dan membersihkan lemari kayu, cukizufurniture.co.id akan memberikan sedikit tips-tips kecil yang mungkin saja berguna untuk Anda.

  1. Letakkan lemari kayu diposisi yang tepat dan tidak langsung terpapar sinar manatahari langsung.
  2. Minimalisir goresan yang bisa saja mengenai lemari kayu Anda, karena keindahannya akan mudah hilang hanya karena banyaknya goresan-goresan tidak berarti.
  3. Bersihkan dan lakukan treatment khusus ketika Anda sedang santai dirumah dengan beberapa alat-alat khusus dibawah ini.

>>> Baca Juga : Manfaat Masak Bersama Keluarga

Cara membersihkan lemari kayu :

  • Lap dengan kain basah.

Cara membersihkan lemari kayu yang pertama adalah menghilangkan debu-debu yang menempel pada permukaan lemari. Bersihkan dengan cara merata, mulai dari permukaan yang paling luas, hingga ke sudut-sudut yang sempit. Biasakan membersihkan debu tersebut secara steril, artinya, ketika satu sisi kain lap sudah kotor, bersihkan kembali kain tersebut, hilangkan debunya di air, lalu lap kembali permukaan lemari yang berdebu.

  • Lapisi dengan pernis.

Salah satu kendala furniture berbahan dasar kayu adalah timbulnya jamur, ketika sudah dibersihkan menggunakan Alkohol, tidak ada salahnya melapisi kayu tersebut. Cara membersihkan lemari ini dirasa sangat baik, karena selain menghilangkan debu pada point pertama, dan membersihkan jamur, pelapisan pernis dapat memperkuat warna dari kayu tersebut.

  • Periksa sudut engsel besi pada lemari.

Cara membersihkan lemari tidak cukup sampai disana sobat, kami sadar engsel menjadi salah satu elemen bukan kayu yang perlu kalian cek juga. Engsel dan kawan-kawannya seperti mur, baut dan paku perlu di pantau secara berkala dalam beberapa bulan satu kali. Jika perlu, kami menyarankan agar diberikan lapisan antikarat, selain tetap memperkuat  material besi, kayu pun tidak akan mudah terkikis.

>>> Baca Juga : Cara Menata Lemari Pakaian Agar Muat Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *