Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kitchen Set

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kitchen Set

Sebagai pemilik rumah yang ingin rumahnya terlihat lebih menarik namun tetap mengutamakan keindahan, maka dapur juga memegang peranan penting untuk hal ini. Solusinya, pemilik rumah bisa menerapkan kitchen set sebagai pilihan untuk dapur yang terlihat lebih baik.

Meskipun begitu, bukan berarti pemilik rumah bisa sebebasnya membuat kitchen set untuk dapurnya, Alih-alih terlihat lebih bagus, jika diterapkan sembarangan mungkin membuat dapur terlihat kurang menarik, atau paling parah, dapur akan jauh lebih berantakan dibandingkan sebelumnya.

Maka dari itu, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar kitchen set yang digunakan mampu mengubah suasana dapur yang terlihat lebih baik. Beberapa poin tersebut akan dijabarkan di bawah ini

  • Ukuran dan Luas Dapur

Pada dasarnya semua kitchen set bisa diterapkan pada semua dapur. Namun alangkah baiknya pemilik rumah wajib mengukur seberapa besar ukuran dan luas dapur yang dimiliki. Jika ukuran kitchen set lebih besar dari luas dapur, maka ruang dapur Anda akan jauh lebih sempit. Sedangkan jika ukuran kitchen set lebih kecil dari luas dapur, maka banyak sekali ruang kosong yang tidak terpakai.

  • Berkonsultasi dengan ahli

Sebenarnya Anda sendiri mungkin bisa mengerjakan kitchen set sesuai keinginan. Tetapi alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kitchen set yang sudah berpengalaman. Sang ahli akan memberikan saran dan masukan bagi Anda untuk membuat kitchen set sesuai keinginan. Jika Anda tidak mau repot, ahli kitchen set bisa saja membantu Anda untuk memasangkan kitchen set idaman di rumah Anda.

  • Bahan atau material yang digunakan

Setiap orang termasuk Anda ingin sekali memiliki kitchen set yang awet. Bayangkan jika kitchen set yang digunakan malah cepat rusak, maka Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membuat kitchen set yang baru. Bahkan jika tidak diperbaiki akan membuat kitchen set Anda terlihat tidak menawan. Banyak sekali bahan-bahan untuk kitchen set yang bisa digunakan, dengan harga yang terjangkau tentunya, semisal plywood, aluminium, papan partikel, dan lain-lain.

Jika ingin material yang jauh lebih kuat dan tahan lama, tentu Anda bisa menggunakan kayu solid meski harganya mungkin lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya. Agar material yang digunakan jauh lebih tahan lama, Anda bisa melapisi dengan material finishing seperti HPL dan lain-lain.

  • Perabotan yang digunakan

Perabotan di dapur menjadi salah satu hal penting untuk menerapkan kitchen set di dapur Anda, karena jika perabotan yang digunakan cukup banyak, maka Anda harus menyesuaikan ukuran kitchen set agar mampu menampung seluruh perabotan yang digunakan. Selain itum Anda bisa menggunakan perabotan yang bisa menghias kitchen set Anda agar terlihat lebih menawan.

  • Membuat ventilasi udara

Ventilasi udara yang baik mampu mengeluarkan asap atau uap air ketika memasak sehingga ruangan lain tidak terkena imbasnya. Jendela bisa menjadi ventilasi udara jika kompor masak berada di dekat jendela. Tetapi jika jarak kompor jauh dari jendela, maka cooking vent bisa menjadi solusi untuk membuang asap atau uap air ketika memasak.

  • Lapis dinding dapur dengan material agar tidak terkena backsplash (cipratan)

Backsplash (atau cipratan) menjadi hal yang tidak bisa dihindari ketika memasak, entah itu minyak goreng, bumbu-bumbu, atau bahan memasak lainnya. Gunakan material seperti keramik agar cipratan dapat dibersihkan dengan mudah. Tidak menggunakan material pada dinding dapur berpotensi membuat dinding dapur terlihat lebih kotor dan sulit untuk dibersihkan.

Itulah beberapa hal yag harus diperhatikan ketika ingin membuat kitchen set pada dapur Anda. Pastinya Anda menginginkan kitchen set yang jauh terlihat lebih bagus bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *