Tips Agar Bahan Furniture Solid Tahan Lama

Tips Agar Bahan Furniture Solid Tahan Lama

Cukizufurniture.co.id, Cengkareng – Mungkin ada yang beranggapan bahwa material furniture dengan kayu solid itu yang terbaik, sedangkan untuk material lain itu dianggap kurang. Apakah Anda salah satu yang berpikiran seperti itu?

Sobat, untuk material kayu sebetulnya sama saja, tinggal bagaimana kita menyiapkan dana, lalu menentukan material mana yang akan dijadikan pondasi untuk furniture dirumah. Kalau Anda anti dengan material lain selain kayu solid, kami disini akan memberikan pemahaman baru tentang kayu solid, bagaimana kayu solid pun masih memiliki kekurangan.

Semua furniture dari kayu mestinya harus dirawat, namun jika Anda tidak tahu cara yang benar dalam merawatnya, bisa saja Anda membeli furniture dengan material bahan kayu solid, namun kenapa hasilnya sama saja awetnya dengan furniture dengan material yang bukan kayu solid?

Cukizu Furniture akan memberikan sedikit pemahaman akan beberapa kayu solid Anda agar tidak cepat termakan waktu.

  • Bahan furniture solid  dari Mahoni.

Bahan Furniture solid dengan kayu mahoni dirasa cocok dan cukup banyak yang memiliki, kayu ini merupakan kayu yang sering sekali ditemui di daerah tropis dan biasanya memiliki warna di bagian tengahnya adalah merah muda. Namun ada pula yang memiliki warna merah tua, dan juga dibagian tepi kayu berwarna putih. Kayu mahoni punya track record yang baik, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi dalam dunia mebel. Catat ini, kayu mahoni lebih baik ditempatkan di area yang aman dari tanah, karena jika furniture berbahan dasar kayu mahoni bersentuhan langsung dengan tanah, resiko dimakan rayap akan semakin besar. Catatan lagi untuk furniture berbahan dasar kayu solid mahoni ini adalah jaga kelembabannya setiap saat, terutama dalam penempatan di rumah.

  • Bahan furniture solid  dari Sungkai.

Mungkin ada dari Anda yang menyukai jenis kayu sungkai ini, bahan furniture solid sungkai umumnya dipakai dan digunakan dalam ruangan tengah rumah. Warna yang cenderung terang jadi alasan terkuatnya. Corak kayu ini memiliki antara kuning dan coklat muda yang memberikan suasana segar dan cerah pada ruangan. Untuk hal yang disarankan, untuk bahan furniture solid seperti ini tidak cocok untuk furniture yang digunaan untuk luar ruangan, jenis kayu ini lebih sensitif terhadap luar ruangan. Jika Anda memiliki suatu usaha atau bisnis seperti resto yang memiliki tempat makan diluar ruangan, mungkin Anda bisa memilih jenis kayu yang lain.

  • Bahan furniture solid  dari Kayu jati.

Bahan furniture solid selanjutnya adalah kayu jati, jenis kayu ini sama eksisnya dengan kayu mahoni. Karakteristik kayu jati itu memiliki lapisan minyak di dalamnya, kehebatan kayu jati adalah dia memiliki ketahanan terhadap air, hal itu juga yang membuatnya tampak lebih bersinar dan juga tahan lama, bahkan jika Anda sengaja membuat furniture berbahan dasar ini untuk ditempatkan diluar ruangan. Kayu jati terbilang cukup tahan terhadap bakteri serta tidak mudah lapuk dan ini berpengaruh terhadap kemudahan perawatannya. Selain itu, jati juga memiliki elastisitas dan kelunakan yang baik, bagi Anda yang menginginkan furniture bergaya klasik, kayu jadi sebagai bahan furniture solid jadi yang terbaik. Namun, serat dalam kayu jati ini yang cukup tebal membuat kayu ini juga terbilang tahan terhadap benturan.

  • Bahan furniture solid  dari Pinus.

Bahan furniture solid selanjutnya adalah pinus, kayu pinus dengan ciri khasnya yang sangat terang membuatnya memiliki peminat sendiri. Selain terang atau cerah, kayu pinus ini memiliki serat yang cukup halus. Pinus tergolong kayu yang tidak kalah lunaknya dari jati, sehingga kayu pinus cukup populer digunakan untuk furniture dalam ruangan. Ada masukan dari kami, jika Anda memilih bahan furniture solid dari kayu pinus, tidak disarankan diletakkan di tempat dengan kelembabab tinggi, karena jamur dan rayap akan dengan sangat mudah menggerogoti.

  • Bahan furniture solid  dari Bambu.

Bambu, ya betul, siapa sangka bambu bisa menjadi bahan furniture solid yang cukup terkenal. Bambu ini memiliki kekuatan yang cukup baik dengan bobot yang ringan, namun juga tetap elastis. Tetapi bahan furniture solid dari bambu ini tetap punya kekurangan sobat, ada yang tahu apa itu? Tentu bambu memiliki kekurangan jika tidak tepat dalam pengolahan, terlebih lagi dalam sambungan antara bambu satu dengan yang lainnya. Furniture berbahan bambu sebaiknya dijauhkan dari tempat lembab dan harus diberi finishing serta pelapis yang khusus, ditambah penggunaanya haruslah rutin sehingga membuat bambu jauh dari jangkauan serangga, jamur hingga rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *